cikole lembang

Hutan penelitian Cikole Lembang dengan administrasi pemerintahan terdapat di desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung. Hutan pinus Cikole dibangun tahun 1954 oleh instansi penelitian kehutanan dengan luas 39, 8 ha. lokasi ini mempunyai tipe tanah andosol coklat, coklat tua hingga hitam dengan topografi bergelombang hingga berbukit dengan ketinggian area berkisar 1350-1500 m dpl. dengan curah huja rata-rata 2996 mm/tahun, lokasi ini terhitung jenis iklim A. 

Awal mulanya lokasi ini adalah area koleksi serta introduksi type asing serta asli indonesia dari beragam area. tetapi, didalam perkembangnya sekarang ini sudah jadi sumber benih, pelestarian plasma nutfah, wahana pendidikan serta kursus. namun lokasi rimba di sebelahnya yang disebut lokasi rimba yang dike-lola perum perhutani unit III Jawa Barat sudah dikembangkan jadi obyek wisata camping ground serta outbond yang tidak jauh dari kawah Tangkuban Perahu. 

Sekarang ini sudah ditanam 47 tipe tanaman yang meliputi 28 tipe eksotik serta 19 tipe asli Indonesia dengan dominasi tipe pinus serta ekaliptus. sebagian aktivitas penelitian yang sudah dikerjakan di hutan pinus Cikole.