cikole sumedang

Cikole yaitu desa di Kecamatan Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Populer dengan kehidupan penduduk yang semi-modern. sudah lama meninggalkan kebudayaan tradisional yang condong feodal. Penduduk telah punya kebiasaan dengan kehidupan politik yang demokratis. tingkat kemajemukan partisipasi politik cukup tinggi. tetapi didalam situasi yang safe serta kondusif. tingkat pendidikan penduduk cukup tinggi.

Andaikata saya jadi Kepala Desa di Desa Cikole Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang, ada banyak hal yang dapat saya kerjakan yaitu merampungkan masalah-masalah internal desa serta eksternal desa. Adapun masalah internal desa yaitu berbentuk peningkatan pendidikan di desa, pelestarian lingkungan, infrastruktur desa serta ekonomi desa. Kemudia di eksternal saya dapat lakukan peningkatan di dalam perihal hubungan kerja dengan masyarakat dari desa lain atau apalagi ke tidak sama desa di lain kecamatan. 
peningkatan pendidikan di desa didalam perihal ini memberantas buta huruf dikalangan anak-anak, pembangunan infrastruktur sekolah seperti perbaikan paud, pembangunan perpustakaan serta penyumbangan buku-buku yang berkwalitas di dua sekolah yaitu SD Sukalerang serta Cikole, serta pemberian pertolongan pendidikan pada anak-anak yang kurang dapat yang ada di Desa Cikole seperti pemberian beasiswa hingga jenjang smp, sma atau apalagi hingga perguruan tinggi negeri. 

Bidang internal desa, saya dapat coba mengajukan pembangunan infrastruktur desa terutama di dusun cibunut serta neglasari yang dikenal serta terlihat amat tertinggal. adapun perihal sebagai prioritas utama yang dapat saya bangun yaitu berbentuk pembangunan gedung berbarengan untuk musyawarah warga, di mana ada area warga-warga untuk berkumpul serta bertempat di dusun Cibunut. lantas perbaikan jalanan disana manfaat mempermudah serta memuluskan perjalanan warga dusun cibunut atau apalagi warga lain yang datang mengunjungin desa tersebut serta pembangunan gorong-gorong manfaat mengantisipasi banjir atau kumbangan air yang bisa mengancam rumah warga. 

Lantas, pelestarian lingkungan. saya dapat membuat program cinta lingkungan di mana erahkan semua element serta susunan perangkat desa yaitu kepala desa, kepala dusun, kepala rt serta rw dapat berkerjasama untuk menciptakan penduduk yang cinta lingkungan. karena yang kelihatannya diketahui di desa cikole warganya tetap mempunyai kekurangan pengetahuan perihal efek jelek dari rusaknya lingkungan serta selanjutnya saya dapat membuat area pembuangan akhir manfaat warga di desa Cikole lebih teratur serta tidak sembarangan buang sampah ke kebun atau rimba di sekitar rumah mereka. 

Peningkatan ekonomi desa yang disebut salah cara manfaat menambah kesejahteraan penduduk. didesa cikole mempunyai banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangan yaitu pengrajin geribik, batu-bata, perternakan boiler ayam serta tumbuhan jamur. memiliki potensi dari rakyat yang baik tersebut bisa jadi potensi yang amat baik di desa. lantas, menambah motivasi kaula muda untuk berperan serta dikebun-kebun punya keluarga hingga pendapatan rakyat makin meningkat serta kesejahteraan meningkat juga. adapun cara yang dapat saya kerjakan yaitu melakukan hubungan kerja dengan pihak swasta, pemerintah tempat atau apalagi lakukan promosi kedaerah-daerah lain, hingga beberapa entrepreneur atau customer mengetahui serta tahu potensi ekonomi yang ada di desa Cikole serta mereka akan menginvestasikan dana mereka kedalam pembangunan ekonomi desa yang tambah baik. 

Pengaktifkan kembali karang taruna. perihal ini mengingat karang taruna sebagai di antara elemen mutlak dari desa terlihat lesu serta pemuda/pemudinya cuma berdiam serta malas-malasan di rumah. saya berencananya dapat mengaktifkan lagi aktivitas kepemudaan di desa Cikole. mengingat potensi orang-orang muda di desa cikole amat besar serta perihal ini bisa menolong di dalam pembangunan desa serta orang-orang yang ada di desa cikole terlebih. perihal pertama yang dapat saya kerjakan yaitu lewat cara membentukan aktivitas olahraga, keterampilan tradisional serta mulai mengajak beberapa pemuda-pemudi untuk turut aktif di dalam aktivitas didesa seperti ikuti aktivitas grup tani serta berkebun dan berikan keterampilan berwiraswasta pada pemuda supaya kelak bisa hidup mandiri seperti pendidikan kewirausahaan serta berikan modal melewati program pemerintah yang sudah ada didesa yaitu PNPM mandiri. 

Serta paling akhir perihal yang dapat saya kerjakan yaitu dengan lakukan hubungan kerja dengan desa lain. adapun perihal yang dapat saya kerjakan serta rencanakan tidak cuma hubungan kerja ekonomi tetapi juga hubungan kerja didalam perihal peningkatan moral serta spiritualitas antar desa-desa yang ada di kecamatan cimalaka. lantas, lakukan hubungan kerja pengembangan budaya hingga warga desa di cikole lebih aktif serta berperan serta di dalam kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat serta produktif manfaat pembangunan manusia yang trampil serta berkwalitas.